Ada banyak jenis tanaman herbal yang bisa kamu temukan. healty99.com hampir secara keseluruhan mempunyai manfaatnya masing masing. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa tanaman tersebut.

Berikut beberapa diantaranya yang bisa kamu ketahui :

  1. Kumis kucing.

Tentang khasiat tanaman kumis kucing sebagai obat tradisional memang sudah tidak di ragukan lagi, salah satu contohnya yaitu dapat mengatasi penyakit asam urat, diabetes, mengeluarkan racun, tekanan darah tinggi dan masih ada banyak lagi.

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) termasuk kedalam keluarga Lamiaceae/Labiatae asli dari Indonesia yang di tanam untuk di ambil bagian daunya sebagai obat. Baik daun kering atapun basah sama saja dan dapat digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

  1. Mint.

Mint merupakan tanaman yang di ketahui terbagi menjadi 25 spesies dan semuanya tersebar di seluruh dunia. Umunya tanaman satu ini tumbuh liar di tempat-tempat sejuk namun kini adapun pembudidayaan terhadap tanaman mint yang nantinya di ambil bagian daunya.

Pemanfaatan daun mint banyak di gunakan dalam makanan, minuman, pasta hingga permen. Tak hanya itu saja daun mint juga aman di konsumsi selagi mentah baik itu sebagai lalapan ataupun campuran salad.

Mengkonsumsi daun mint dalam jumlah cukup di yakini dapat memberi manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satu contohnya yaitu merawat kesehatan gigi, meningkatkan kinerja otak, mengurangi stres, mengatasi sakit kepala dan melancarkan program diet kamu.

  1. Tanaman meniran.

Tahukah kamu dengan meniran? Meniran (Phyllanthus urinaria) merupakan tanaman liar yang sebenarnya dapat dengan mudah di jumpai, pasalnya tanaman satu ini memang sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik itu di hutan, semak blukar, dalam pot kembang hingga perkarangan rumah.

Bentuk tanamanya sendiri tegak lurus, dengan daun yang tumbuh menyirip serta mempunyai buah yang mengantung di sepanjang tangkai daun. Untuk pemanfaatanya terletak pada bagian daunya dimana daunya mengandung senyawa zar penyamak, antiinfalamasi, antiradang, filatin dan atioksidan.

Penggunaan tanaman satu ini sebagai obat jarang di ketahui sehingga terkadang hanya di basmi layaknya gulma liar, beberapa manfaat yang di ketahui dari tanaman meniran ialah mampu mengatasi disentri, malaria, ayan, demam, batuk dan masih banyak lagi.

  1. Ketul.

Ketul atau ajeran merupakan tanaman liar berbatang kecil, tegak dengan paling tinggi sekitar 1 m, mempunyai bunga berwarna kuning yang bergerombol pada pucuknya. Diketahui tanaman satu ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari benua Afrika yang kemudian mulai menyebar ke Nusantara sekitar tahun 1800 an.

Di Indonesia sendiri tanaman ini tumbuh tersebar dimana-mana mulai dari kebun, semak-semak, tepian jalan serta disekitar lingkungan, termasuk dalam tumbuhan tropis sehingga sangat cocok tumbuh pada dataran Indonesia.

  1. Daun salam.

Tanaman satu ini pasti sudah kalian ketahui tentunya, yap daun salam. Umumnya pohon satu ini di tanam untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai bumbu pada masakan dan obat tradisional, tak hanya itu saja loh, pohon salam juga menghasilkan buah mungil yang berukuran sekitar 0,5 cm berwarna merah dan mempunyai rasa manis dengan sedikit kelat saat sudah matang.

Untuk penggunaan tanaman satu ini tak sebatas dalam penggunaan dalam bumbu masakan saja, untuk mendapatkan khasiat lain dari daun salam kamu bisa melakukan dengan cara merebusnya menggunakan air yang kemudian di konsumsi.

Daun salam di ketahui mengandung banyak senyawa berupa Vitamin C, A, asam folat, besi, mangan. magnesium serta beberapa mineral lainya. Mengkonsumsi air rebusan daun salam di klaim dapat mengatasi masalah diabetes, mengurangi lemak, memperlancar saluran kencing serta mengatasi darah tinggi